Header AD

header ads

5 Aplikasi Pengolah Video Pc/Laptop



Dengan berkembangnya teknologi yang pesat ini, segalanya jadi mudah. Termasuk bikin video yang berkualitas. Siapa bilang edit video se-kece video milik para YouTuber itu susah? kamu bisa bikin video sekeren para vlogger. Tentunya, gak kalah berkualitas. Berikut adalah 5 contoh Aplikasi PC/Laptop untuk mengolah video.

1. Adobe Premiere Pro CC

Salah satu aplikasi besutan raksasa Adobe ini sudah banyak dikenal oleh para editor film maupun orang awam. Selain aplikasi ini mudah digunakan, Adobe Premiere juga memiliki antarmuka yang ramah dan mudah dipahami dalam waktu singkat.

Untuk dapat menjalankan aplikasi ini dengan lancar, spesifikasi komputer atau laptop Anda harus diperhatikan. Adobe Premiere Pro membutuhkan setidaknya 8 GB RAM, serta harus didukung dengan eksternal kartu grafis. Selain itu, minimal prosesor yang dimiliki setidaknya Core i3 atau sejenisnya.

Aplikasi ini berbentuk layanan, dimana pengguna harus membayar setiap tahunnya agar mendapatkan lisensi serta pembaruan. Untuk biaya pertahunnya, Adobe mematok aplikasi ini seharga Rp 3,2 jutaan. Adobe Premiere Pro tersedia untuk platform Windows dan Mac OS.

2. Sony Vegas Pro
Sony Vegas adalah aplikasi pengolah video yang dikembangkan oleh Magix Software GmbH diatas naungan Sony Foundry. Aplikasi ini juga sering digunakan oleh editor kelas professional, karena Vegas Pro memiliki fitur serta kemampuan yang lumayan mumpuni.


Sama seperti Premiere Pro, aplikasi ini juga membutuhkan spesifikasi PC atau laptop yang lumayan tinggi. Karena jika dijalankan di spek yang “pas-pasan” Sony Vegas Pro maupun Adobe Premiere Pro akan mengalami lag. Hal ini tentunya akan mengganggu produktivitas dalam bekerja dan akan membuang banyak waktu.


Sony membanderol Vegas Pro 14 seharga $599 atau setara Rp 7,7 jutaan untuk mendapatkan lisensi penuh atas software tersebut.

3. Final Cut Pro X
Aplikasi yang hanya tersedia untuk pengguna Mac OS ini rupanya menjadi aplikasi pengolah video popular dan banyak digunakan oleh para professional. Film layar lebar yang dikabarkan diedit menggunakan Final Cut Pro adalah X-Men Origins: Wolverine (2009).


Berbeda dengan yang lain, proses kerja Final Cut Pro atau yang sering disebut denga FCP ini menawarkan kemudahan dan kestabilan perangkat. Jika kita memasukan beberapa klip ke timeline, maka FCP akan segera me-render klip tersebut tanpa harus memberhentikan proses kerja lain.


Jika di aplikasi lain, ketika kita ingin me-render beberapa klip, maka proses kerja lain seperti pengelolaan klip, audio atau color grading otomatis tidak bisa dijalankan bersamaan. Fitur ini tentunya memudahkan serta menghemat waktu kerja editor film.


Apple membandrol aplikasi ini seharga $199 atau setara Rp 2,5 jutaan dalam bundle yang diberi nama Pro Apps Bundle for Education. Paketan ini berisi Final Cut Pro X, Logic Pro X, Motion 5, Compressor 4, dan MainStage 3.

4. Pinnacle Studio 20
Pinnacle Studio adalah aplikasi pengolah video yang dibuat oleh suatu perusahaan yang bermarkas di California yakni Pinnacle System. Aplikasi ini juga cocok bagi pemula yang sedang belajar untuk mengelola video.


Fitur terbaru yang ditawarkan oleh Pinnacle Studio 20 diantaranya adalah split screen video, mengolah video dengan resolusi 360 derajat, stop motion animation bahkan sudah mendukung video beresolusi 4K.


Sistem minimum yang disarankan untuk menjalankan aplikasi ini adalah PC dengan Windows (7, 8.1, 10), Intel Core i3 atau AMD A4, kartu grafis eksternal NVIDIA GeForce 200 atu ATI 4xxx serta dukungan RAM 8 GB. Aplikasi ini dibanderol seharga $99 atau setara Rp 1,2 jutaan.

5. DaVinci Resolve

Aplikasi ini kurang terkenal bagi orang awam maupun pemula yang baru terjun dibidang editing video, bisa dikatakan aplikasi ini “underrated”. Meskipun underrated, aplikasi ini lumayan mumpuni untuk dijadikan aplikasi edit video Anda.


Sejatinya, DaVinci Resolve lebih ditujukan untuk memoles footage agar lebih ciamik (color grading). Awalnya aplikasi ini dirancang untuk keperluan pewarna elit di Hollywood, namun sekarang telah banyak digunakan di acara TV maupun film layar lebar. BlackMagic Desaigns mengklaim bahwa fitur yang ada pada aplikasi ini tidak akan didapat oleh aplikasi pengolah video lainnya


Sama seperti produk diatas, agar dapat menjalankan aplikasi ini secara normal tanpa lag, Anda harus memiliki spesifikasi PC atau laptop yang mumpuni. Karena aplikasi ini sangat banyak mengkonsumsi penggunaan RAM dan proses prosesor.


DaVinci Resolve tersedia secara gratis untuk versi publiknya yakni, DaVinci Resolve 14 Public Beta dan DaVinci Resolve 12.5. Untuk versi berbayar, aplikasi ini dibanderol seharga $299 atau setara Rp 3,8 jutaan dengan versi 12.5.


Salah satu diantara produk diatas, yang sering digunakan oleh professional editor ialah Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro X. Untuk Anda yang mungkin masih bingung, silahkan coba beberapa aplikasi diatas dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setidaknya, Pinnacale Studio atau Sony Vegas sudah dapat menunjang pekerjaan Anda jika hanya untuk memotong beberapa bagian klip lalu menyatukannya kembali.


Terima Kasih semoga bermanfaat.


5 Aplikasi Pengolah Video Pc/Laptop 5 Aplikasi Pengolah Video Pc/Laptop Reviewed by rendi alinurdin on 18.34 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads